Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Ilmu Komunikasi
blog-img-10

Posted by : Fifin Afandi

Program Studi Ilmu Komunikasi Stisipol Pahlawan 12 Resmikan Laboratorium Literasi Di Desa Cit Bangka

Stisipol Pahlawan 12 Menandatangani kerjasama MoU (Memorandum of Understanding) dengan Desa Cit Kabupaten Bangka.  Yang dihadiri oleh Kepala Desa Cit. Haji Ardani mengapresi kerjasama serta adanya Laboratoirum Literasi Prodi Ilmu komunikasi Stisipol Pahlawan 12 yang tujuannya untuk menyelenggarakan Tri Darma Perguruan Tinggi yakni kegiatan pengabdian Dosen yang melibatkan Mahasiswa  melalui kajian ilmu komunikasi berbasis Riset. 

Selain kerjasama, dilakukan peresmian  Laboratorium Literasi Prodi Ilmu Komunikasi yang diinisiasi oleh Kaprodi Ilmu Komunikasi Yang Gusti Feriyanti, M I Kom.  Selain itu juga adanya Lab Literasi ini diharapkan sebagai solusi bagi masyarakat Desa berkaitan dengan persoalan pendidikan, kesehatan, kewirausahan, di masa pandemi covid 19.


"Literasi/perpustakaan desa merupakan salah satu program dari Pemdes pada tahun 2021. Terkait dalam mewujudkan laboratorium literasi tersebut, pemerintah desa melakukan kerjasama dengan program studi ilmu komunikasi stisipol pahlawan 12 Bangka  yang turut andil membantu berdirinya  Rumah Baca Masyarakat (RBM) dan telah di buktikan dengan penandatangan MOU antara kedua belah pihak Dengan adanya Laboratorium Literasi ini,"ujar Haji. Ia berharap Rumah Baca Masyarakat (RBM) mampu berjalan dengan jangka waktu yang panjang. 

Dukungan terhadap adanya Perpustakaan Rumah Baca Masyarakat (RBM ), ia akan memfasilitasi berupa gedung baru khusus perpustakaan serta perangkat informasi seperti televisi guna untuk mengakses informasi digital mengenai seputaran literasi yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat desa cit.  

"Dengan adanya Laboratorium Literasi  ini, agar masyarakat lebih menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Apalagi di tambah dengan kondisi pandemi COVID-19 saat ini. Kami berharap, dengan adanya perpustakaan Desa Cit ini dapat meningkatkan sumber daya manusia agar lebih baik lagi," katanya.

Sementara itu, Kaprodi Ilmu Komunikasi Yang Gusti Feriyanti, M I Kom melihat  adanya antusias masyarakat terkait adanya RBM (Rumah Baca Masyarakat) yang luar biasa. "Kami berharap perpustakaan ini menjadi sarana proses pembelajaran bagi seluruh masyarakat desa cit terkusus anak anak yang kesulitan dalam pembelajaran daring.

Namun, Perpustakaan Rumah Baca Masyarakat tidak hanya berfokus dalam kegiatan baca tulis saja tetapi mampu menjadi wadah dan sumber informasi baik secara digital maupun manual," kata Yang Gusti kepala prodi Ilmu Komunikasi di Stisipol Pahlawan 12 ini.